Pages

Thursday, November 30, 2017

Agar Tak Salah Takaran, Begini Cara Membaca Nilai Gizi Susu Kehamilan



Selama kehamilan, seorang ibu tentunya harus lebih teliti dan jeli dalam memilih asupan, termasuk nutrisi dari susu ibu hamil. Agar tak salah takaran, Anda perlu mengetahui cara membaca kandungan gizi dalam susu ibu hamil. Namun sebelum mencari tahu cara membaca informasi gizi, ada baiknya Anda simak kembali nutrisi apa saja yang diperlukan ibu hamil.
Menurut alodokter.com, kebutuhan nutrisi saat hamil akan berubah sesuai dengan usia kehamilan. Saat hamil, diperlukan tambahan 300 kalori terutama di trismester kedua dan ketiga. Rata-rata keutuhan harian ibu hamil meliputi kalsium sebanyak 1000-1200 mg, asam folat sebanyak 600-800 mcg, dan zat besi sebanyak 27 mg. Selain itu, protein, karbohidrat, dan vitamin juga diperlukan untuk mendukung perkembangan janin.
Nah, setelah Anda mengetahui kurang lebih apa saja nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, sekarang Anda perlu mengetahui bagaimana cara membaca kandungan gizi yang terdapat dalam produk yang dikonsumsi ibu hamil.
1.      Angka Kecukupan Gizi (AKG)
Dalam informasi nilai gizi produk susu formula ibu hamil, pasti tertera persentase AKG. Persentase AKG ini menunjukan berapa banyak zat-zat yang dikandung dalam satu gelas susu. Seperti yang dijelaskan oleh gurugizi.com, misalnya salah satu produk susu formula mengandung vitamin D3, asam folat, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium memberikan 45% AKG, berarti dalam satu gelas susu yang sesuai takaran saji menyumbangkan 45% vitamin dan mineral tersebut. Oleh karena itu, biasanya ibu hamil dianjurkan mengonsumsi dua gelas susu setiap harinya supaya paling tidak, 90% dari vitamin dan mineral yang diperlukan terpenuhi.
2.      Kalori Total per Sajian
Penulisan kalori dalam kemasan susu formula biasanya ditulis sebagai energi total dan disertai dengan energi dari lemak. Misalnya Anda mengonsumsi susu formula yang memiliki kalori total per sajian sebanyak 150 kkal dan kalori dari lemak 10 kkal, berarti setiap Anda mengonsumsi dua gelas perhari, berarti Anda akan memperoleh  300 kkal ditambah 20 kkal dari lemak perharinya.
Perlu diingat, seperti yang dijelaskan oleh nakita.grid.id, wanita dewasa memerlukan 2.500 kkal per hari. Sedangkan wanita hamil memerlukan peningkatan sekitar 300 kkal perharinya. Jadi mengonsumsi dua gelas susu formula setiap harinya bisa dibilang jumlah yang pas untuk membantu Anda melengkapi kebutuhan kalori yang meningkat setiap harinya saat hamil. Tidak hanya itu, agar kehamilan tetap sehat, Anda juga harus memerhatikan konsumsi makanan harian, menghindari menggunakan pakaian sempit saat hamil, cukup istirahat, serta rajin berolahraga.
Semoga bermanfaat! (Rima)

No comments:

Post a Comment